5 Cara Mudah Menghentikan Sadap HP Android

Vil Laura

01 May 2024
5 Cara Mudah Menghentikan Sadap HP Android

Pada zaman yang digital ini mudah bagi seseorang untuk menyadap HP atau perangkat elektronik orang lain. Jika kamu sedang mengalami ini, maka nggak perlu khawatir karena ada cara menghentikan HP disadap yang bisa dicoba sekarang juga.

Terdapat beberapa cara menghentikan sadap HP yang dapat diterapkan langsung di rumah, kira-kira apa saja ya?

Menghapus aplikasi yang mencurigakan

Menghapus aplikasi yang mencurigakan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan dalam cara menghilangkan sadap HP adalah menghapus aplikasi yang dirasa mencurigakan. Sebab biasanya para penyadap akan meninggalkan malware yang biasanya sering ditemukan di aplikasi.

Aplikasi yang diketahui memiliki kemampuan untuk menyadap HP adalah aplikasi yang memiliki kata ‘monitor’, ‘spy’, atau istilah lainnya yang biasanya merujuk pada aktivitas penyadapan. 

Jadi coba pastikan kembali apakah HP kamu memiliki aplikasi yang mengandung kata tersebut.

Biasanya aplikasi ini disembunyikan pada file-file tersembunyi yang ada di HP, jadi periksa kembali apakah ada aplikasi mencurigakan pada HP kamu.

Memasang aplikasi antivirus

Memasang aplikasi antivirus

Jika kamu merasa tidak memiliki aplikasi yang mencurigakan pada HP, maka bisa mencoba cara menghentikan penyadapan HP lainnya yaitu, memasang aplikasi antivirus. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini membantu memindai HP dari aplikasi yang berbahaya.

Bukan hanya itu saja, cara menghentikan HP disadap ini juga membantu memindai file yang dianggap berbahaya pada keamanan perangkat dan dapat menghapusnya secara permanen.

Jika kamu tidak tahu dimana mendapatkan aplikasi antivirus ini, maka bisa mencarinya di Play Store secara gratis atau berbayar. Pastikan untuk membaca review atau ulasan pengguna lain sebelum memutuskan untuk mengunduhnya.

Mengubah kata sandi akun yang terdapat di HP

Mengubah kata sandi akun yang terdapat di HP

Ada juga cara keluar dari sadap HP lain yang bisa dicoba mulai dari sekarang yaitu, mengubah kata sandi akun yang terdapat di HP. Langkah ini dilakukan karena tindakan penyadapan berkaitan erat dengan keamanan HP.

Kamu bisa membuat kata sandi pada akun email dan berbagai akun lainnya yang sudah ada di HP. Pastikan untuk mengubah kata sandi akun pada aplikasi yang berhubungan langsung dengan transaksi seperti aplikasi Mobile Banking.

Kemudian untuk tingkat keamanan yang lebih lanjut, kamu bisa mengunduh aplikasi password manager untuk bisa melindungi seluruh akun dari semua kemungkinan tindakan penyadapan yang bisa terjadi di masa mendatang.

Buat kamu yang tidak tahu aplikasi password manager apa saja yang bisa diunduh, maka bisa menemukannya langsung di Play Store. Sama seperti sebelumnya, jangan lupa untuk mengecek ulasan pengguna sebelum mengunduhnya di HP.

Mengatur ulang kode PIN HP

Mengatur ulang kode PIN HP

Bukan hanya mengatur ulang kata sandi pada akun, kamu juga bisa mengatur ulang kode PIN HP sebagai salah satu cara melepas sadap HP. Sebab langkah ini dianggap mampu menghentikan sadap HP yang dilakukan dari jarak jauh.

Cara menghentikan HP disadap ini dapat dijadikan sebagai solusi jika penyadap pada HP kamu benar-benar memiliki kode akses sampai ke login HP. Jadinya dengan mengubah PIN HP diketahui mampu meminimalisir akses penyadap ke HP.

Apabila sudah mengubah atau mengatur ulang kode PIN HP, jangan lupa untuk memulai ulang atau restart agar lebih aman dan menghindari adanya tindak penyadapan lainnya.

Kalau kamu sudah mengubah PIN HP, jangan lupa untuk menulis PIN tersebut pada memo agar tidak lupa dan tetap bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Selain itu, pastikan untuk tidak membagikan PIN HP yang baru dengan orang lain khususnya orang yang tidak kamu kenal dekat.

Lakukan pengaturan ke setelan awal

Lakukan pengaturan ke setelan awal

Sementara itu, jika semua cara menghentikan HP disadap diatas dirasa tidak berhasil, maka bisa menerapkan cara terakhir yaitu, melakukan pengaturan ke setelan awal pabrik. Sesuai dengan namanya, langkah ini dapat menghapus file sekaligus aplikasi berbahaya.

Bukan hanya file atau aplikasi saja, melakukan penghapusan secara keseluruhan atau mengembalikan ke pengaturan awal ini mampu menghapus seluruh data pada HP sehingga tampilannya akan kembali ke awal lagi seperti HP baru.

Kalau kamu tidak menginginadanya file penting yang terhapus maka bisa dipindahkan terlebih dahulu ke perangkat lainnya. Cara pemindahannya juga sangat mudah, bisa kamu lakukan lewat bluetooth, kabel USB, hingga pengiriman melalui aplikasi chat.

Apabila semua cara terakhir ini dianggap tidak mampu untuk menghentikan tindakan sadap, maka bisa kamu lakukan dengan cara lainnya yaitu membawanya ke service center terpercaya yang ada di daerah sekitar.

FAQ

1. Bagaimana cara mengetahui HP Android disadap?

Berikut beberapa tanda-tanda HP Android disadap:

  • Baterai cepat habis.
  • Performa HP menurun.
  • Ada aplikasi yang tidak dikenal.
  • Penggunaan data internet yang berlebihan.
  • Muncul pesan atau panggilan yang mencurigakan.

2. Apakah ada cara untuk memastikan HP Android benar-benar aman dari sadapan?

Tidak ada cara yang 100% aman untuk memastikan HP Android aman dari sadapan. Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meminimalisir risiko HP Anda disadap.

3. Apa yang harus dilakukan jika saya tidak yakin apakah HP Android saya disadap?

Jika Anda tidak yakin apakah HP Android Anda disadap, Anda dapat membawa HP Anda ke service center resmi untuk diperiksa.

Top Gadget
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya