Baterai Cepat Habis? Coba Cek Kesehatan Baterai HP Kamu

Admin

14 September 2022
Baterai Cepat Habis? Coba Cek Kesehatan Baterai HP Kamu

Jika Anda menyadari baterai HP cepat habis, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kesehatan baterai HP Anda.

Seiring waktu, Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah dengan baterai ponsel cerdas Anda. Karena baterai HP yang digunakan terus menerus apalagi dipaksa, kinerjanya akan menurun seiring waktu.

Hampir semua smartphone yang tersedia di pasaran menggunakan baterai lithium. Masalah baterai hp cepat habis ini, akan terus menurun seiring waktu dan mempengaruhi kapasitas pengisian daya dan siklus pengisian ulang.

Ciri-ciri baterai HP bocor setelah beberapa tahun, baterai tidak akan menahan beban sebanyak yang dilakukan saat masih baru.

Mengetahui hal tersebut, Anda mungkin ingin menjaga kesehatan baterai HP. Kami akan menunjukkan cara memeriksa dan memantau kesehatan baterai HP di Android agar perangkat Anda tetap berjalan lancar selama mungkin.

Menggunakan Kode Tersembunyi

Baterai Cepat Habis? Coba Cek Kesehatan Baterai HP Kamu

Beberapa ponsel Android memungkinkan Anda memeriksa kesehatan baterai HP menggunakan menu tersembunyi. Kode yang digunakan untuk memeriksa informasi baterai HP di seluruh perangkat Android adalah *#*#4636#*#*.

Ketik kode di papan tombol seperti saat akan menelepon, kemudian pilih menu 'Informasi Baterai' untuk melihat status baterai HP Anda.

Jika tidak ada masalah dengan baterai HP, indikator akan menunjukkan kesehatan baterai sebagai 'baik'. Anda juga dapat melihat dan memantau suhu baterai di sini. Kisaran 30-40 derajat celcius adalah suhu ideal untuk ponsel yang disimpan pada suhu normal.

Menggunakan AccuBattery

Baterai Cepat Habis? Coba Cek Kesehatan Baterai HP Kamu

Dengan menggunakan aplikasi accubattery, dapat memberi Anda gambaran mengenai kesehatan baterai. Saat Anda selesai mengisi baterai, aplikasi akan mulai menampilkan perkiraan kapasitas baterai Anda saat ini pada tab 'Kesehatan'. Jumlah ini akan terus menjadi akurat selama sesi pengisian daya.

Biasanya, aplikasi akan menunjukkan kesehatan 95% untuk baterai baru. Persentase kesehatan diatas 80% sudah dianggap baik. Anda dapat memilih penggantian baterai saat kesehatan baterai menunjukkan angka di bawah 70, dan Anda mulai merasa baterai mudah cepat habis.

Tips Mencegah Penurunan Baterai Ponsel Android

Penurunan baterai tidak dapat dihindari dan pada akhirnya akan terjadi seiring berjalannya waktu. Namun, Anda dapat mengikuti tips berguna di bawah ini untuk memperpanjang kesehatan baterai ponsel Anda.

  • Hindari level ekstrim seperti pengisian hingga 100% atau pemakaian hingga 0%.
  • Cobalah untuk menjaga baterai di zona 40-80%. Pengisian ulang yang sering dan sedikit, lebih baik daripada pengisian penuh.
  • Hindari pengisian cepat jika Anda tidak terburu-buru.
  • Jaga agar suhu ponsel dalam suasana yang sejuk, terutama saat mengisi daya. Saat sedang mengisi daya, disarankan agar tidak digunakan, lebih baik ditunggu sampai terisi.
  • Gunakan charger dan kabel asli atau setidaknya yang bersertifikat dengan spesifikasi yang sama.
  • Meskipun ponsel berhenti mengisi daya pada 100%, Anda tetap harus menghindari pengisian daya semalaman.
  • Jika Anda menyimpan ponsel untuk jangka panjang, isi daya baterai hingga 50%, bukan 100%.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai kesehatan baterai. Dengan menjaga kesehatan baterai, akan otomatis memperpanjang masa pakai HP Anda.

Kunjungi blog kami untuk mendapatkan update informasi seputar gadget, dan rekomendasi smartphone terbaik hanya di website gadgetaja.

Top Gadget
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya