Apa Itu Reverse Charging dan Cara Menggunakannya

Vil Laura

07 July 2023
Apa Itu Reverse Charging dan Cara Menggunakannya

Bagi pengguna handphone mungkin sudah nggak asing lagi dengan reverse charging, karena fitur ini memungkinkan kamu untuk mengisi daya handphone secara cepat sehingga bisa memangkas waktu dan jadi lebih praktis.

Tetapi masih banyak orang yang belum paham cara kerja reverse charging pada handphone. Kira-kira bagaimana ya?

1. Apa itu Reverse Charging

Apa itu Reverse Charging

Sebelum tahu cara kerjanya, tentu kamu harus tahu definisi dari fitur keren ini. Reverse charging merupakan fitur canggih yang memungkinkan sebuah perangkat elektronik seperti tablet atau smartphone sebagai pengisi daya baterai smartphone atau tablet lainnya.

Biasanya fitur canggih ini hadir di perangkat yang mempunyai daya baterai besar atau berkapasitas baterai tinggi, sehingga memungkinkan pengguna perangkat tersebut untuk berbagi daya baterai buat perangkat lain.

Dalam reverse charging ini terdapat dua metode yaitu, wireless reverse charging dan wired reverse charging. Jika pada wireless reverse charging dapat memungkinkan pengguna perangkat elektronik untuk melakukan pengisian daya terbalik tanpa memakai kabel.

Sementara untuk wired reverse charging memungkinkan perangkat elektronik untuk mengisi daya baterai perangkat lain memakai kabel. Biasanya kabel yang dibutuhkan pun disesuaikan dengan kabel pengisian daya khusus untuk handphone atau tablet.

2. Bagaimana Reverse Charging Bekerja

Bagaimana Reverse Charging Bekerja

Dalam teknologi reverse charging ini cara kerjanya memanfaatkan kemampuan perangkat elektronik yang dijadikan sebagai sumber daya baterai. Ada beberapa penjelasan tentang cara kerja fitur canggih satu ini, diantaranya:

  • Perangkat harus didukung fitur reverse charging, makanya kamu harus mencari tahu identitas perangkatnya.
  • Ketahui koneksi pada perangkat, karena fitur ini bisa dilakukan lewat fitur nirkabel atau NFC dan konektivitas fisik atau kabel.
  • Negosiasi daya, jika sudah selesai perangkat pengirim langsung mulai mengalirkan daya baterai ke perangkat penerima.
  • Proses pengawasan daya, pada proses reverse charging kedua perangkat akan melakukan monitoring suhu baterai untuk bisa memastikan prosesnya aman dilakukan.

3. Manfaat Reverse Charging

Manfaat Reverse Charging

Jika kamu menggunakan reverse charging dalam proses pengisian daya smartphone, maka bisa mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:

Bisa bantu situasi darurat dan krisis

Jika menggunakan fitur ini bisa membantu kamu untuk mengisi daya perangkat lain tanpa bantuan listrik, sehingga bisa dilakukan dimana saja kapan saja. Jadi nggak perlu khawatir kehabisan baterai saat kondisi darurat.

Bisa berbagi daya dengan perangkat lain

Seperti yang kamu tahu kalau reverse charging ini memungkinkan untuk berbagai daya baterai dari perangkat satu ke perangkat yang lain. Fungsi ini tentu sangat membantu kamu untuk menjaga konektivitas sekaligus ketersediaan daya pada perangkat di sekitar kamu.

Lebih praktis

Buat yang suka berpergian atau traveling, tentu saja perangkat dengan fitur reverse charging ini akan sangat membantu. Karena kamu nggak perlu bingung mencari sumber listrik untuk mengisi daya smartphone atau tablet.

4. Cara Mengaktifkan Reverse Charging pada Smartphone

Cara Mengaktifkan Reverse Charging pada Smartphone

Sebelum mengaktifkan reverse charging pada smartphone, kamu harus memastikan dulu apakah perangkat yang dimiliki sudah ada fitur ini didalamnya. Jika sudah, ada beberapa cara buat mengaktifkan fitur ini, yaitu:

  1. Ambil aksesoris yang dibutuhkan seperti kabel fisik USB atau teknologi nirkabel.
  2. Langsung hubungkan smartphone kamu ke perangkat lain menggunakan kabel atau bisa ditempatkan dibagian belakang atau depan perangkat yang mau diisi daya baterai.
  3. Aktifkan fitur reverse charging dengan masuk ke pengaturan lalu cari pilihan Reverse Charging atau Battery Sharing, kemudian aktifkan dengan mengikuti sesuai petunjuk.
  4. Selanjutnya atur pengisian daya agar baterai smartphone kamu terlindungi, sesuaikan pengaturannya dengan kebutuhan.
  5. Saat fitur reverse charging sedang berlangsung, jangan lupa untuk memastikan prosesnya berlangsung dengan baik agar kedua perangkat nggak terlalu panas dan baterai nggak cepat terkuras.

5. Kesimpulan

Dari semua penjelasan diatas dapat disimpulkan kalau reverse charging merupakan fitur canggih yang memungkinkan smartphone kamu untuk melakukan pengisian daya lewat perangkat lain seperti smartphone atau tablet.

Fitur ini memiliki dua metode yang berbeda yaitu wired reverse charging dan wireless reverse charging, yang keduanya memiliki fungsi berbeda.

Sementara itu, manfaat dari fitur canggih ini sangat beragam mulai dari sangat praktis karena nggak perlu bawa kabel charger, dapat memudahkan kamu dalam berbagai daya dengan perangkat lain, dan jadi solusi saat kondisi darurat atau kritis.

FAQ:

1. Apakah semua smartphone mendukung fitur reverse charging?

Tidak, tidak semua smartphone dibekali dengan fitur reverse charging. Karena kemampuan untuk reverse charging tergantung pada  perangkat keras (hardware), desain perangkat, dan perangkat lunak (software).

Biasanya fitur ini ditemukan pada smartphone dengan kapasitas baterai yang besar dengan teknologi pengisian daya yang cukup kuat.

Kalau smartphone sudah tidak mendukung fitur reverse charging, kamu masih bisa pakai perangkat lain, seperti charger portabel atau power bank untuk mengisi daya baterai.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya perangkat dengan reverse charging?

Jika pada waktu pengisian daya menggunakan fitur reverse charging ini sangat bervariasi, karena tergantung pada beberapa faktor penting.

Mulai dari kapasitas baterai harus besar, kapasitas baterai pada perangkat pengirim, kecepatan dalam pengisian daya, hingga kualitas aksesori atau kabel yang dipakai.

Makanya itu, disarankan untuk pengguna perangkat smartphone mengetahui atau memahami dengan baik karakteristik baterai pada perangkat agar bisa memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan saat reverse charging.

Top Gadget
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya